Aneka Jenis Salad dari Berbagai Negara

Salad adalah makanan yang menggunakan bahan segar sebagai bahan utamanya dengan salad dressing. Salad dikenal sehat karena mengandung serat dan aneka mineral lain dari campuran bahan-bahan di dalamnya. Namun tahukah Anda bahwa di berbagai negara memiliki ragam salad yang khas. Berikut beberapa salad asli dari berbagai negara:

  • Gado-gado

Dari Indonesia terdapat salad asli yang berbeda dengan salad pada umumnya. Terdiri dari sayuran mentah seperti selada, kacang panjang, jagung manis, kentang, tahu, tomat dan campuran lainnya. Yang membuat salad dari Indonesia ini khas adalah dressingnya yang menggunakan saus kacang, bukan seperti saus dressing umumnya, saus kacang memiliki cita rasa creamy kacang, pedas dan gurih dari campuran bahan lainnya.

  • Salad cobb

Salad asli dari Amerika Serikat disebut salad cobb. Salad ini tidak dominan dengan sayuran segar di dalamnya, melainkan banyak menggunakan daging ayam yang direbus atau dipanggang. Daging ayam dan bahan segar membuat sajian lebih lengkap.

  • Nicoise

Selanjutnya ada salad asli yang berasal dari Prancis yang menggunakan dressing minyak zaitun. Menggunakan ikan tuna sebagai bahan utama dengan kacang-kacangan, polong, ikan asin, kentang dan bahan tambahan lain. Tuna di masak medium sebelum dicampur dengan bahan lain dan diberi dressing.

  • Shieldzini

Lain halnya dengan di Jepang yang menjadikan timun sebagai bahan utama salad dari negara ini. Bahan-bahan yang digunakan memang lebih banyak dari jenis sayuran. Dibuat dengan mencampur timun segar dengan bahan lain bersama gula putih, cuka anggur dan soy sauce sebagai dressing. Bahan protein seperti udang ditambahkan dalam hidangan.

  • Tuscan panzanella

Berbeda lagi dengan salad dari negeri asal pizza, Italia yang berbahan utama roti. Roti dicampur dengan potongan tomat, bawang merah, cuka dan garam. Sajian salad bernama tuscan panzanella ini cukup mengenyangkan perut.

  • Fiambre

Salad asli dari Guatemala terdiri dari bawang merah, acar jagung, daging ayam, sosis, wortel, buah zaitun dan beberapa bahan lain. Uniknya berbeda dari negara lain, hidangan salad ini biasa disajikan ketika merayakan hari kematian.